Pola Makan Sehat untuk Mencegah Penyakit

Pola Makan Sehat untuk Mencegah Penyakit

Halaman ini akan menampilkan beragam pola makan sehat untuk mencegah penyakit.

JefaisMTL – Apa yang kita makan akan mempengaruhi kondisi hidup dan tubuh kita. Bagaimana tidak, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita pasti memberikan efek beberapa saat setelah memasuki lambung. Maka dari itu, menjaga pola makan agar tetap sehat merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan.

Namun, bisa jadi Anda bertanya-tanya soal bagaimana cara menjaga pola makan yang sehat. Nah, pada artikel ini kami senang  membagikan bagaimana Anda bisa menerapkan pola makan sehat untuk mencegah penyakit.

 

6 Pola Makan Sehat untuk Mencegah Penyakit

Memilih Daging dari Peternakan yang Sehat

Bila Anda berjalan-jalan ke luar rumah, tentunya tidak sulit mendapatkan warung makan yang menyediakan menu makanan dari olahan daging. Hal ini membuktikan bahwa makanan dari olahan daging merupakan jenis makanan yang banyak peminatnya.

Selain enak, daging juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, apa jadinya bila daging tersebut tidak sehat? Salah satu penyebab daging menjadi tidak sehat adalah tempat peternakan yang tidak sehat juga. Maka dari itu, Anda perlu memilih daging dari peternakan yang sehat.

Konsumsi Karbohidrat Utuh

Karbohidrat merupakan bagian makanan yang sangat penting bagi tubuh. Karbohidrat memungkinkan seseorang untuk memiliki banyak tenaga untuk melakukan banyak aktifitas, bahkan aktivitas yang menuntut energi yang banyak.

Ada banyak sumber karbohidrat dan beberapa di antaranya adalah sayuran dan buah-buahan. Kedua sumber makanan ini merupakan sumber karbohidrat utuh yang tidak diolah sehingga memiliki dampak yang lebih sehat pada tubuh daripada sumber makanan lainnya.

Atur Porsi Makanan

Makanan memang menjadi sumber tenaga manusia dan hewan. Dengan makanan yang sehat, manusia dan hewan bisa bertahan hidup yang lama. Namun, makanan yang sehat saja tidak cukup untuk sehat. Anda juga perlu mengatur porsi makanan.

Menurut sebuah penelitian, pengurangan kalori sebanyak 10-15% bisa memperpanjang umur hewan. Dan dengan dasar penelitian ini, manusia yang mengurangi asupan kalori dengan jumlah yang serupa memiliki potensi untuk punya umur yang awet juga.

Menggunakan Rempah-rempah

Rempah-rempah menjadi pilihan terbaik untuk membuat makanan terasa sedap dari zaman dahulu. Dan seperti yang Anda ketahui, rempah-rempah juga membawa manfaat yang besar bagi tubuh, khususnya dalam hal kesehatan. Selain kesehatan, badan Anda pun juga akan terasa bugar setelah rutin makan makanan dengan bahan rempah-rempah.

Maka dari itu, ada baiknya Anda memberi bahan rempah-rempah pada masakan Anda dengan porsi yang lebih banyak dari pada bumbu instan. Bahkan, bila Anda mau, Anda bisa menggunakan semua bumbu pada masakan dengan rempah-rempah semua. Dengan begitu, badan Anda dan keluarga akan terasa sehat terus.

Konsumsi Kalsium dan Magnesium

Anda mungkin mengenal Kalsium sebagai asupan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, khususnya pada tulang. Namun ternyata, manfaat kalsium tidak hanya sebatas pada pertumbuhan tulang saja. Melainkan juga bermanfaat untuk kanker, diabetes, penyakit jantung serta mengurangi potensi tekanan darah tinggi.

Berbeda lagi dengan Magnesium. Magnesium merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menyerap kalsium dari dalam tubuh. Anda bisa merasakan manfaat kalsium lebih banyak karena penyerapannya pun lebih maksimal dengan bantuan magnesium.  Nutrisi magnesium bisa Anda peroleh pada kacang merah, sarden, biji wijen, sayuran hijau, almond serta keju yang terbuat dari susu kambing.

Penuhi Kebutuhan Vitamin B12

Ada beragam jenis vitamin yang bisa Anda konsumsi dan salah satunya adalah vitamin B12. Ya, B12 merupakan salah satu vitamin yang sangat bermanfaat. Malah, vitamin B12 terhitung menjadi vitamin yang sangat penting karena bila Anda kekurangan kadar vitamin B12 dalam tubuh Anda, maka Anda memiliki resiko tinggi mengidap demensia dan Alzheimer.

Selain itu, B12 juga memiliki peran dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah yang sehat bisa membantu Anda tetap sehat, khususnya dalam hal kardiocaskular dan pencernaan. Manfaatnya lebih lanjut adalah mampu melindungi Anda dari beberapa jenis kanker tertentu.

Nah, demikianlah pola makan sehat untuk mencegah penyakit yang bisa Anda terapkan. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Pola Makan Sehat untuk Mencegah Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top