Tips Menggunakan Whatsapp yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Tips Menggunakan Whatsapp yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Halaman ini akan menampilkan beragam tips menggunakan Whatsapp yang mungkin kamu belum tahu.

JefaisMTL – Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Whatsapp. Aplikasi Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang berguna untuk menjalin komunikasi melalui tulisan, telpon dan video call. Mayoritas orang Indonesia sangat suka menggunakan Whatsapp sehingga penggunaan SMS dan telpon nyaris tidak pernah digunakan lagi.

Meskipun sudah ada banyak orang yang memakainya dan kehadiran Whatsapp juga sudah lama, namun bisa jadi Anda masih belum mengetahui tips dan fitur tersembunyi yang ada di aplikasi chat milik Meta ini. Nah, kalau begitu, berikut ini merupakan 6 fitur menggunakan Whatsapp yang mungkin kamu belum tahu.

 

6 Tips Menggunakan Whatsapp yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Format Huruf Tebal, Miring, dan Dicoret

Ketiga format tersebut tentu sering Anda temukan pada beberapa aplikasi atau software pembuat dokumen seperti Microsoft Word dan Google Document. Tahukah Anda bahwa Anda juga bisa membuat format tebal, miring dan dicoret pada aplikasi Whatsapp Anda?

Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk menerapkannya. Anda cukup menambahkan simbol tertentu. Berikut detailnya :

  1. Tambahkan tanda * pada sebelum dan sesudah teks untuk menampilakn tulisan tebal.
  2. Tambakan tanda _ pada sebelum dan sesudah teks untuk menampilkan tulisan miring.
  3. Tambahkan tanda ~ pada sebelum dan sesudah teks untuk menampilkan tulisan dicoret.

Selamat mencoba. Semoga berhasil sesuai harapan.

Buat History Chat Hilang Otomatis

Bagaimana caranya Anda menghapus sebuah obrolan Whatsapp dengan orang lain? Anda tentu akan melakukan penghapusan chat dengan cara menggunakan tombol hapus obrolan secara manual. Dengan cara itu, seluruh chat dengan orang tertentu di hp Anda akan hilang seketika. Anda bisa memilih apakah media yang pernah dikirimkan ikut dihapus atau tidak.

Nah, pihak Whatsapp sudah menyediakan fitur yang memungkinkan Anda menghapus chat dengan seseorang secara otomatis setelah 7 hari. Caranya adalah dengan menekan salah satu kontak atau chat. Setelah itu akan muncul beberapa menu dan Anda perlu tekan menu Pesan yang Menghilang dan aktifkan.

Bookmark Pesan

Salah satu tips menggunakan Whatsapp yang mungkin kamu belum tahu berikutnya adalah Bookmark. Bookmark atau penanda buku merupakan cara yang efektif untuk menemukan sebuah topik atau kalimat yang menurut Anda penting. Seseorang yang melakukan penadaan pada sebuah buku akan dengan mudah menemukan topik atau tulisan tersebut saat akan dibutuhkan kembali. Hal ini bisa Anda terapkan juga pada chat Whatsapp Anda.

Ya, Whatsapp memberi Anda fitur bintang pada chat yang akan menandai salah satu kata-kata yang menurut Anda penting. Anda bisa dengan mudah menemukan kalimat tersebut dengan mudah meski sudah tertumpuk tulisan lainnya. Caranya adalah dengan menekan salah satu kiriman, lalu akan muncul pilihan di atas layar. Anda perlu pilih simbol bintang untuk menandai kalimat tesebut.

Melihat Detail Pesan

Pernahkah Anda penasaran dengan kapan chat Anda terkirim dan dibaca oleh si penerima? Bila pernah, Anda bisa menemukannya secara cepat lho. Whatsapp memberi fitur yang memungkinkan Anda melihat kapan chat Anda diterima dan dibaca. Atau bila Anda mengirim pesan di grup, Anda akan mengetahui siapa saja yang sudah membaca dan belum.

Caranya adalah dengan menekan chat tersebut agak lama, lalu di atas layar akan muncul beberapa pilihan. Anda bisa memilih simbol huruf i di dalam lingkaran atau info. Setelah itu akan terlihat kapan chat Anda terkirim dan dibaca. Meski begitu, bila lawan bicara Anda mematikan fitur centang biru, maka yang terlihat hanya kapan chat Anda terkirim saja.

Mute Percakapan

Apakah Anda mulai terganggu dengan seseorang karena suka mengirimi pesan secara terus menerus? Atau Anda masuk ke dalam grup dan ingin menghindari hp memunculkan notifikasi terus menerus padahal topiknya tidak penting. Anda bisa mengaktifkan mute percakapan. Caranya sangat mudah sekali.

Anda bisa tekan salah satu chat atau grup pada Whatsapp Anda. Setelah itu Anda bisa pilih untuk senyapkan obrolan. Anda bisa memilih waktu seberapa lama Anda ingin mute percakapan tersebut, apakah 8 jam, seminggu atau selamanya.

Sembunyikan Status Terakhir Dilihat

Bisa jadi Anda tidak ingin seseorang  mengetahui kapan terakhir kali Anda online Whatsapp. Meskipun bukan menjadi masalah, namun bisa jadi kapan terakhir Anda online merupakan bagian dari privasi Anda. Maka dari itu, Anda bisa sembunyikan status terakhir dilihat dengan cara masuk ke setting.

Setelah masuk setting, Anda bisa masuk ke menu Akun lalu Privasi dan kemudian Terakhir Dilihat. Anda bisa langsung mengaktifkan fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka Anda juga tidak bisa melihat status terakhir dilihat milik kontak Anda yang lainnya meski kontak Anda tersebut tidak mematikan fitur ini.

Nah, demikianlah beberapa tips menggunakan Whatsapp yang mungkin kamu belum tahu . Nantikan artikel kami yang selanjutnya.

Tips Menggunakan Whatsapp yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top